Senin, 28 Desember 2009

Di Stockholm dan Oslo, Layanan 4G Sudah bisa Dinikmati



Teknologi 4G sudah cukup banyak kita dengar selama tahun-tahun terakhir ini. Namun bagi kebanyakan kita, janji akan mobile broadband yang lebih gegas itu belumlah menjadi realitas. 

Di Indonesia, kita bahkan masih berkutat dengan isu teknologi mana yang akan dijagokan. Apakah WiMax, LTE, atau lainnya. Lain halnya dengan mereka yang bermukim di Stockholm, Swedia dan Oslo, Norwegia. Hari ini, mereka yang bermukim di kedua kota tersebut sudah bisa menikmati layanan 4G dari TeliaSonera.

Peluncuran layanan 4G/LTE (Long Term Evolution) di Stockholm dan Oslo membuat para pelanggan di sana bisa menikmati layanan-layanan yang menuntut kecepatan transmisi yang cepat dan kapasitas yang besar. Ini termasuk layanan siaran TV web, online gaming yang ekstensif dan web conference.

Saat ini 4G adalah teknologi mobile tercepat. Sajian kecepatannya bisa mencapai 10x lebih cepat dibandingkan tawaran 3G yang ada. Pesaing LTE adalah WiMax. Teknologi ini dipakai di beberapa kota di AS oleh operator Sprint dan Clearwire.

“Kami sangat bangga menjadi operator pertama di dunia yang menawari pelanggan kami layanan 4G. Penggunaan mobile broadband di negara-negara Nordic sedang meledak dan pelanggan butuh kecepatan dan kapasitas yang lebih tinggi. Itulah mengapa kami meluncurkan layanan 4G di Stockholm dan Oslo,” kata Kenneth Karlberg ( President dan Head of Mobility Services).

Kedua jaringan 4G di Stockholm dan Oslo hanya mencakup daerah-daerah pusat kota. Jaringan 4G Stockholm dipasok oleh Ericsson, sedangkan jaringan 4G Oslo dipasok oleh Huawei. Sementara itu Samsung akan menawarkan modem yang kompatibel untuk layanan 4G/LTE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berikan komentar Untuk kemajuan..