Jumat, 13 November 2009

BERPIKIR CEPAT, KREATIF TAPI TEPAT

1. Ubah Kebiasaan Lama
Anda harus berlatih seperti halnya bahasa asing. Tidak bisa dalam semalam Anda langsung bisa lancar, melainkan bertahap, namun setiap harinya anda menunjukkan kemajuan.

2. Beri Dorongan dengan cara Menuliskannya
Tempelkan tulisan semacam memo, entah di komputer meja anda maupun rak buku. Intinya, tulisan untuk mengingatkan Anda agar segera mengerjakan kewajiban atau target anda.

3. Terus memacu diri

Jangan pernah ada kata menyerah. Anda harus terus memompa semangat Anda untuk tetap maju. Tanamkan dalam diri bahwa sekarang saatnya Anda harus berubah dari pekerja lamban menjadi pekerja cepat dan kreatif. Setiap menyelesaikan suatu tugas, langsung mulailah mengerjakan tugas berikutnya, sebelum kemalasan memberi peluang memperlamban gerakan anda kembali.

4. Susunlah rencana tindakan
Jika anda mengalami kesulitan dalam mengatur jadwal perubahan anda, cobalah bantu dengan membuat sebuah jadwal yang tepat dan realistis. Usahakan selesaikan semua rencana sebelum kembali ke peraduan kembali.

5. Gali terus Ilmu

Perkuat pertahanan otak anda dengan terus menggali ilmu. Perluas wawasan anda, bisa dengan membaca buku, mengikuti seminar, mengikuti kursus singkat, maupun berlangganan majalah dan buletin yang terkait dengan pekerjaan anda. Dengan banyak membaca maka Anda akan mudah mencari solusi kala masalah timbul dan membutuhkan solusi cepat.

6. Segera Tuntaskan
Setiap masalah datang, segeralah menuntaskannya dan tak menunda ataupun mengabaikannya. Selain itu, dengan segera menuntaskan masalah, maka pikiran kita pun akan lebih tenang dan siap menghadapi masalah baru yang mungkin bakal muncul.

7. Mencicil secara bertahap
Jika anda tipe orang yang suka menunda-nunda pekerjaan, sebagai latihan anda bisa melakukannya secara bertahap alias mencicil. Lebih baik terlambat sedikit daripada tidak sama sekali mengerjakannya.

8. Selalu latih otak Anda

Untuk bisa cepat dalam menyelesaikan masalah, memang butuh latihan. Gali juga ide-ide kreatif setiap harinya. Minimal satu gagasan setiap harinya. Mana saja yang bisa berjalan dan mana yang harus dibuang. Pasti banyak gagasan kita yang tidak akan berjalan, namun pasti ada beberapa di antaranya yang bisa diterapkan. Lambat laun anda akan terbiasa dan tak mengalami kesulitan lagi dalam menuangkan gagasan cemerlang anda kapan pun dibutuhkan.


9. Tak masalah gagasan itu kecil atau besar
Seorang pelukis ternama juga tak mungkin bisa langsung membuat maha karya besar dalam satu malam, bukan? Awalnya dia akan membuat sketsa kasar dulu, baru kemudian membuat satu goresan demi goresan di kanvas sehingga membentuk satu lukisan yang bisa dinikmati.

10. Selalu siap

Ide bagus bisa datang kapan saja. Siapkan selalu alat tulis untuk mencatat segala sesuatu yang keluar dalam benak anda. Ada baiknya bila anda juga menuangkannya dalam bentuk proposal yang detail sehingga kapan pun dibutuhkan bisa anda ajukan ke atasan atau pihak terkait.


11. Coba cara lain

Mulai sekarang, setiap kali ada masalah datang, cobalah lihat dari sudut pandang berbeda. Cobalah meletakkan diri anda dari kacamata orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berikan komentar Untuk kemajuan..